5 Cara Mengatasi Penyakit Vertigo Secara Alami Hingga Sembuh

susu kambing etawa susu kambing etawa

5 Cara Mengatasi Penyakit Vertigo Secara Alami Hingga Sembuh

cara mengatasi vertigo

Cara mengatasi vertigo secara alami serta aman hingga sembuh. Vertigo adalah keadaan dimana terjadi gangguan pada syaraf terkait adanya masalah dengan sistem keseimbangan pada tubuh anda yang menurun, keseimbangan yang menurun tersebut terjadi di kepala bagian otak dan juga pada bagian dalam telingan anda. Pada artikel kali ini yang berjudul "5 cara mengatasi penyakit vertigo secara alami hingga sembuh" akan membahas bagaimana cara mengatasi vertigo dengan cara terbaik secara alami hingga vertigo yang anda rasakah dapat kembali seimbang dan tidak mengganggu aktifitas anda lagi.

Biasanya vertigo menyerang secara mendadak, akibat serangan yang tiba-tiba datang tersebut membuat anda sebagai penderita vertigo akan merasakan sakit kepala yang hebat, sampai-sampai anda tidak akan sanggup berdiri karena pusing yang di sertai kunang-kunang membuat keseimbangan anda hilang dan tidak dapat anda kontrol lagi. Sehingga anda hanya bisa tidur untuk mengurangi rasa sakit kepala anda yang semakin lama semakin kuat.

Penyakit vertigo merupakan penyakit dalam katagori menengah, bisa di bilang penyakit ringan tapi tidak gampang juga dalam menyembuhkannya. Bila vertigo tidak anda tangani dengan benar, justru akan sangat berbahaya bagi kesehatan anda. Cara mengobati vertigo bisa lebih lama di lakukan bila hanya menggunakan obat yang dapat meredakan sakit kepala saja, tanpa mengobati vertigo tersebut secara benar, Kebanyakan dari golongan perempuan yang sering mengalami vertigo karena mudah di infeksi oleh serangan vertigo.

Bila anda memiliki riwayat anemia, hal ini dapat memicu anda terkana vertigo. Kasus pada penderita kurang darah bahwa mereka selain kurang minum air putih, juga kurangnya produksi sel darah merah yang tidak maksimal yang di dapat dari asupan makanan yang mereka konsumsi. Sehingga penderita anemia sangat memiliki resiko terkena vertigo lebih besar.

Stres yang terlalu lama. Akibat dari stres yang berkepanjangan mengakibatkan selera makan berkurang, waktu tidur juga berkurang, sehingga kesehatan tubuh semakin tergannggu. Hal ini terjadi karena masalah keluarga atau pekerjaan sehingga membuat anda pusing dan menyebabkan terjadinya tekanan pada syaraf-syaraf di bagian otak anda. Efek dari stres yang tinggi tersebut menyebabkan resiko terjadinya serangan vertigo secara mendadak yang mungkin bisa terjadi pada semua orang, termasuk anda

Bila anda memiliki riwayat penyakit jantung, hal ini juga dapat menjadi penyebab anda terserang vertigo secara mendadak. Dimana kondisi penderita jantung adalah berkurangnya kinerja jantung dalam memompa darah yang akan di alirkan ke seluruh tubuh, termasuk bagian otak dan telinga. Sehingga bila peredaran darah anda tidak lancar, akibat adanya sumbatan di peredaran darah akan mengakibatkan anda memiliki resiko penyakit vertigo, hal ini terjadi karena supplai darah menuju otak atau telinga anda terhambat.

Terlalu banyak mengkonsumsi obat-obat yang berbahan kimia juga memiliki resiko terhadap serangan vertigo, hal ini terjadi karena sisa-sisa dari zat kimia tersebut yang tidak pernah di detok secara rutin semakin lama semakin penumpuk di dalam tubuh di bagian peredaran darah. Sehingga memiliki resiko terhadap serangan vertigo.

Kurangnya aktifitas kegiatan. Bila anda jarang melakukan olahraga atau kesibukan lainnya yang dapat merenggangkan otot-otot anda, akibatnya adalah peredaran darah anda tidak lancar. Hal ini memiliki resiko terhadap penyakit jantung dan serangan vertigo.

Penyakit vertigo biasanya di anggap oleh banyak orang merupakan penyakit biasa, namun ada juga penyakit vertigo yang berbaya, karena vertigo juga memiliki varian penyakit yang memiliki fokus serangan pada bagian tertentu.

Varian Jenis Penyakit Vertigo

Vertigo Sentral, penyakit vertigo sentral ini merupakan jenis penyakit vertigo yang paling berbahaya karena target serangannya adalah bagian otak. Selain berbahaya, vertigo sentral gejalanya tidak mudah ketahui sehingga menyebabkan penderita vertigo jenis ini bisa lumpuh.

Vertigo Vestibuler, vertigo jenis ini memiliki target serangan terhadap sistem syaraf otak [ syaraf vertibulokoklear ].

Vertigo Peripheral, vertigo jenis ini mempunyai serangan yang targetnya adalah gangguan di bagian telinga [ saluran kanalis semisirkularis ]. Gejalanya adalah konsentrasi dan stamina menurun, sensitif terhadap suara dan cahaya, keseimbangan tidak terkendali.

Vertigo Non Vestibuler, Vertigo jenis ini memiliki target serangan terhadap kendali keseimbangan tubuh. Penyakit vertigo non vestibuler sering terjadi pada banyak orang dengan gejala yang mudah di ketahui yaitu sering pusing.

Cara Mengatasi Penyakit Vertigo?

✓ Minum Susu Kambing Etawa

Penyakit vertigo terjadi karena gangguan syaraf otak dan telinga yang terinfeksi serangan vertigo. Sebagai nutrisi terbaik susu kambing etawa dapat membantu membersihkan infeksi syaraf tersebut dengan kandungan protein yang di milikinya sehingga dapat mengatasi vertigo.

susu kambing etawa

Selain membersihkan infeksi vertigo manfaat susu kambing etawa juga akan membatu dalam melancarkan peredaran darah menuju jantung dan telinga, sehingga dapat mencegah resiko vertigo dan juga menyembuhkan vertigo serta resiko serangan jantung.

Cara kerja dari susu kambing etawa itu sendiri adalah meningkatkan kekebalan tubuh dengan baik, sehingga dengan kekebalan tubuh yang baik akan meminimalisir infeksi serangan bakteri dan virus, sehingga secara alami akan membantu mengoabti penyakit vertigo yang anda derita.

✓ Minum Air Jahe & Kayu Manis

Jahe memiliki kandungan diterpena dialdehida yang mampu menghentikan mual-mual dan mengendalikan peredaran darah yang mengalir ke bagian otak, sehingga dapat mengembalikan keseimbangan yang menurun pada penderita vertigo.

Untuk mendapatkan minuman jahe tersebut banyak yang sudah menjualnya di toko-toko dekat rumah anda, bila anda ingin membuat ramuan jahe sendiri anda tinggal menyiapkan jahe yang sudah di tumbuk dan masukan ke dalam gelas yang berisi air hangat.

Kayu manis mempunyai kandungan kalsium oksanat, sinamadehide, damar, safrole, minyak atsiri, tanin yang fungsinya membantu dalam meringan mual-mual akibat vertigo.

Dengan menggabungkan kedua bahan tersebut akan mendapat cara mengatasi vertigo terbaik secara alami, sehingga dapat memperbaiki keadaan vertigo anda.
 
✓ Minum Air Daun Sirsak & Kulit Manggis

Daun sirsak memiliki kandungan vitamin A dan B, fosfor, acetogenins, besi, lemak, kalsium dan fruktosa yang berguna dalam membantu mengendalikan tekana darah dan menjaga sistem syaraf.

Sedangkan kulit manggis memiliki kandungan vitamin [ B1, B2, C ], anti oksidan atau anti stres [ xanthone ], potassium, kalsium, zat besi, sodium, yang juga terdapat pada susu kambing etawa yang dapat membantu menjaga stamina dan menstabilkan tekanan darah.

Dengan menggabungkan daun sirsak dan kulit manggis di atas dapat membbantu dalam menyembuhkan penyakit vertigo yang terjadi pada anda, sehingga akan lebih maksimal bila anda membuat ramuan khusus yang bisa anda buat sendiri dengan cara seperti membuat ramuan air jahe di atas, tetapi lebih baik di rebus sehingga bisa tercampur dengan sempurna.

✓ Minum Madu Dan Tumbar

Bila anda tahu bahwa madu memiliki kandungan di bawahnya susu kambing etawa, sehingga manfaat madu juga dapat di gunakan untuk membantu meringankan keluhan akibat serangan vertigo.

manfaat madu  

Bila anda bisa membuat ramuan madu di campur dengan ketumbar dengan merebus ketumbar agar bisa di ambil sari ketumbarnya, lalu anda dapat mencampurnya dengan madu, sehingga ramuan madu plus ketumbar tesebut akan dapat membantu anda dalam mengobati vertigo.

✓ Minum Susu Dan Kacang Almond

Bila anda sempat belilah kacang almond yang sudah halus atau bisa anda olah sendiri, campurkan bubuk kacang almond dengan segelas susu, anda bisa menggunakan susu kambing etawa untuk campuran kacang almond, ramuan tersebut dapat mengurangi rasa sakit akibat serangan vertigo dan juga dapat menyembuhkan dengan alami.

Bila anda adalah penderita penyakit vertigo sebaiknya anda mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B6, vitamin C dan vitamin D, dengan vitamin-vitamin tersebut akan membantu anda untuk lebih cepat bangkit dari infeksi vertigo. Makanan yang mengandung vitamin di atas diantaranya adalah buah brokoli, buah pisang, daging merah, ikan salmon, buah alpukat, ikan tuna, sayur bayam, ikan makarel, buah semangka, jeruk nipis, buah paprika, buah tomat, buah melon dan lain sebagainya.

Bila serangan vertigo terjadi secara tiba-tiba anda tidak boleh langsung berbaring dan menutup mata tetapi pandanglah satu objek dengan terus - menerus, sehingga apa yang anda lakukan tersebut tidak akan memperparah masalah vertigo anda tersebut. Bila anda sudah mengalami serangan vertigo yang terjadi secara mendadak, yang perlu anda lakukan adalah :

✓ Memperbaiki posisi duduk anda senyaman mungkin

✓ Setelah itu hiruplah udara secara perlahan-lahan.

✓ Bila keadaan anda sudah membaik rubahlah posisi anda menjadi rukuk [ membungkuk ] dalam 2-5 menit.

✓ Setelah itu perbanyak minum air putih agar terjadi detok.

✓ Langkah terakhir istirahat yang cukup [ berbaring atau tidur ].

Semua panduan cara mengatasi vertigo di atas perlu anda terapakan secara rutin sehingga hasilnya tidak sia-sia, seperti minum susu kambing etawa, minum air jahe dan kayu manis, minum air daun sirsak dan kulit manggis, minum madu dan tumbar, minum susu dan kacang almond, anda pilih salah satu minuman yang menurut anda baik sesuai selera anda sendiri dan langkah ini juga tidak akan sempurna bila anda tidak mengimbangi dengan gaya hidup sehat, olahraga, istirahat yang cukup, dan yang terakhir pola makan yang baik.

Semoga artikel kali ini yang berjudul tentang 5 cara mengatasi penyakit vertigo secara alami hingga sembuh" dapat memberikan efek yang baik untuk kesembuhan vertigo anda dan menjadi bahan refrensi yang berguna untuk keluarga serta teman-teman anda.

Cukup sekian dan terimakasih.
 

Baca Juga Manfaat Susu Kambing Untuk Kesehatan